MASIGNCLEAN101

Membangkitkan Semangat Wirausaha (Kewirausahaan)

A. Membangkitkan Semangat Wirausaha

index Sebagian besar wirausahawan yang berhasil pernah juga mengalami kegagalan, namun orang yang berjiwa wirausaha tentunya tidak patah semangat dengan terjadinya kegagalan dalm usahanya. Suatu kegagalan merupakan plajaran dalam proses usaha, sehingga kita tidak melakukan kesalahan yang sama pada usaha berikutnya. Orang yang berjiwa wirausaha tidak berlama-lama terpuruk pada saat gagal namun segera bangkit untuk menyusun usaha kembali.

Pada umumnya wirausahawan yang berhasil, memenuhi persyaratan sebagai seorang wirausaha, prsyaratan sebagai wirausaha adalah sebagai berikut:

1. Mempunyai keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri

2. Mempunyai keyakinan terhadap pekerjaan yang sedang digeluti

3. Mempunyai keyakinan yang positif kearah kemajuan usaha

4. Ada kemauan yang keras dan ulet untuk berusaha

5. Berjuang tanpa mengenal lelah dan putus asa

6. Berani memikul sagala risiko usaha

7. Menjauhi proses berpikir negative

8. Pandai bernegosiasi dan komunikasi usaha

Beberapa syarat yang harus di penuhi agar kita mempunyai semangat wirausaha dan berhasil dalam perjuangan usahanya, antara lain sebagai berikut:

1. Memilki Kepribadian Unggul, ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

a. Mampu merumuskan tujuan hidup

b. Mampu merumuskan tujuan usaha

c. Mampu menempatkan waktu,kesempatan serta dapat melaksanakannya

d. Berdaya pikir positif untuk maju

2. Mengenal Diri sendiri, yaitu memiliki kemampuan antara lain sebagai berikut:

a. Mengetahui kesempatan,kecakapan dan kemampuan dalam usaha

b. Dapat menilai,menghargai dan memanfaatkan modal yang dimiliki

c. Dapat memanfaatkan kekayaan dan kekuatan yang dimiliki

d. Dapat memilih dan menentukan kegiatan sesuai kemampuan dirinya

3. Mengetahui dan memperhatikan hal-hal, antara lain sebagai berikut:

a. Segala risiko yang akan terjadi dalam usaha

b. Hambatan-hambatan yang terjadi dalam usaha

c. Prospek kemajuan dan keberhasilan dalam dunia usaha

4. Memiliki kekayaan, meliputi sebagai berikut:

a. Mental yang kuat

b. Spiritual yang tinggi

c. Fisik yang sehat

d. akal yang kuat

5. Kemauan untuk belajar, maksudnya sebagai berikut:

a. Belajar terus

b. Belajar keras

6. Mempunyai keahlian khusus

a. Spesialisasi dan keahlian dari hasil belajar

b. Pengalaman dari bekerja

c. Keahlian dalam manajemen usaha

Beberapa saran agar wirausahawan dapat menumbuhkan semangat wirausaha, antara lain sebagai berikut.

1. Sebelum melangkah lebih jauh dalam wirausaha coba tumbuhkan citra positif pada diri sendiri

2. Tetap optimis dalam menghadapi situasi dan kondisi apapun yang akan terjadi dalam duia bisnis

3. Jangan berpikir negative apalagi putus asa dalam berusaha

4. Lihat kemungkinan dan jangan lihat keadaan

5. Menyadari dan mensyukuri rahmat yang diberikan oleh Tuhan

Sikap mental positif yang harus dimiliki para wirausahawan dalam hidup atau pun usaha diantaranya sebagai berikut:

1. Hilangkan beban mental dengan mengambil tindakan secepat mungkin

2. Percaya pada diri sendiri dan pasti berhasil

3. Gunakan pikiran secara produktif

4. Pilihlah saran-saran positif dalam bekerja

5. Ingat lingkungan sangat mempengaruhi prestasi kita

6. Jangan takut meninggalkan ide, jika tidak menghasilkan yang benar

7. Harus jeli dan produktif terhadap peluang bisnis yang menguntungkan

8. Bergaul dengan orang-orang yang sukses dalam wirausaha

Keberhasilan dalam mengembangkan semangat kerja wirausaha ditentukan oleh :

1. Kemampuan merumuskan tujuan usaha

2. Pemahaman tentang hakikat dan makna berwirausaha

3. Sikap dan kemauan serta tindakan-tindakannya

4. Keberanian untuk mengambil inisiatif dan inovatif

5. Kecakapan dalam mengelola usahanya

6. Kreativitas dan percaya diri

7. Pengalaman dan pendidikan

Read Other

Share This :
Ari Kristianto
avatar

Assalamualaikum wrb, saya mohon maaf jika postingan ini menyinggung perasaan anda semua tapi saya lillahi ta’ala hanya mau menceritakan pengalaman pribadi saya. yang mengubah kehidupan saya menjadi sukses. Perkenalkan terlebih dahulu saya MARLINA LESTARI tinggal di PALEMBAN,dulu saya berprofesi sebagai penjahit namun himpitan ekonomi yakni hutang piutang dalam membangun usaha saya kian semakin besar tapi saya tidak menyerah dengan keadaan saya tetap ikhtiar, pada suatu hari saya membuka buka internet tidak sengaja saya melihat postingan seseorang yang sama seperti keadaan saya tapi beliau sudah berhasil,beliau dibantu oleh Hj Sudarsono pikir panjang saya menghubungi beliau, saya diberikan pencerahaan dan solusi, pada awalnya saya ragu ragu tapi saya coba memberanikan diri mengikuti saran beliau,alhamdulillah berjalan lancar dan sekarang saya punya beberapa mini market dan penginapan didaerah PALEMBAN,terimah kasih saya ucapkan pada hj Sudarsono sebab berkat beliau saya bisa seperti ini,mungkin banyak orang yang menyebut saya mengada-ada tapi saya buktikan sendiri,khusus yang serius mau bantuan silahkan hub beliau Hj Sudarsono beliau orangnya ramah ini nomor beliau +62852 2283 6389 ini pengalaman pribadi saya percaya atau tidak semua tergantung pembaca demi Allah ini nyata sekian dan terima kasih ,Assalamualaikum Wrb....allahuakbar....allahuakbar....allahuakbar.
PESUGIHAN UANG GAIB TERPERCAYA

9 March 2017 at 05:22